Ilustrasi Uang Koin

Dokumen Syarat Pinjaman Dana di BPRS untuk Badan Usaha

Syarat pinjam di BPR Syariah sebagai badan usaha bisa lebih minim dibandingkan dengan peminjaman dana sebagai perseorangan dan juga sebagai wiraswasta. Untuk tahu apa saja dokumen yang akan dibutuhkan untuk meminjam dana sebagai badan usaha berikut ini adalah ulasannya: 

Syarat utama 

Syarat utama untuk bisa meminjam dana sebagai badan usaha di BPR Syariah adalah surat permohonan peminjaman. Surat ini adalah surat yang berisi informasi mengenai pinjaman yang ingin Anda ajukan dan memuat mengenai syarat yang akan Anda lengkapi sebagai peminjam. 

Selain itu, ada beberapa BPR Syariah yang juga mengharuskan Anda untuk memenuhi beberapa syarat lain seperti kewarganegaraan Indonesia dan juga memiliki tempat tinggal di sekitar daerah BPR Syariah ini. Hal ini sangat penting karena pada dasarnya BPR Syariah dan lembaga keuangan BPR lainnya merupakan lembaga keuangan yang buat untuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat setempat. Hal ini dilakukan untuk menghindari badan usaha yang memiliki hutang yang tidak terbayar di daerah lain. 

Syarat dokumen pribadi 

Meskipun Anda meminjam dana sebagai peminjam untuk badan usaha, maka Anda perlu memberikan informasi mengenai diri Anda sebagai pengurus badan usaha. Hal ini dilakukan dengan memberikan beberapa dokumen pribadi sebagai pelengkap syarat pinjam di BPR ini. Beberapa surat atau dokumen pribadi yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman di BPR Syariah sebagai badan usaha antara lain adalah :

  • Fotokopi KTP 
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan atau surat penghasilan 

 Syarat dokumen pribadi yang dibutuhkan untuk meminjam dana di BPR Syariah sebagai badan usaha memang tidak banyak. Hal ini disebabkan karena badan usaha biasanya sudah memiliki surat izin dan juga merupakan badan hukum

Syarat informasi usaha 

Selain membutuhkan informasi yang berhubungan dengan pemilik atau pengurus badan usaha, Anda juga harus membuktikan bahwa badan usaha yang Anda kelola merupakan badan usaha yang merupakan badan hukum. Hal ini dibuktikan dengan syarat berupa dokumen surat keterangan usaha. 

Anda juga mungkin kan membutuhkan dokumen laporan keuangan untuk badan usaha yang Anda miliki guna membuktikan bahwa badan usaha yang Anda miliki merupakan badan usaha yang dalam keadaan baik dan merupakan badan usaha yang masih berkembang. Hal ini akan digunakan sebagai pertimbangan untuk pemberian pinjaman. 

Syarat berupa informasi pengeluaran dan aset 

Nah syarat pinjam dana di BPR syariah yang lain yang biasanya juga digunakan untuk pertimbangan pemberian pinjaman adalah 

  • Rekening koran 3 bulan terakhir 
  • Fotokopi SHM/SHGB

Syarat di atas merupakan 2 syarat yang akan membantu Anda untuk mendapatkan uang Anda. Artinya jika Anda memiliki jaminan pinjaman Anda juga memiliki sistem pengelolaan keuangan dengan baik maksimal Anda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dengan syarat pinjam di BPR ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *