kaleder masa subur wanita

Perhatikan tanda-tanda anda sedang berada di masa subur selain dengan menghitung kalender ovulasi

Anda pasti sudah pernah mendengar kalender ovulasi? Bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak tentu menghitung masa subur adalah hal yang paling penting. Kalender ovulasi dihitung dengan menggunakan cara sederhana yaitu dengan melihat siklus haid pada hari pertama. Selain menghitung kalender ovulasi, anda juga bisa melihat masa subur dari tanda-tanda lain terutama dari fisik wanita. 

Mengeluarkan cairan putih 

Tanda yang bisa dilihat untuk mempertimbangkan masa kesuburan anda, adalah dengan melihat apakah terdapat cairan putih yang keluar dengan jumlah yang banyak dibandingkan hari-hari lainnya. Cairan ini disebut cairan serviks dan mirip dengan putih telur. 

Serviks akan mengeluarkan cairan tetapi juga bisa terdapat perubahan lainnya seperti basah dan lebih lembut. Untuk merasakan kondisi ini, anda bisa memeriksa dengan memasukkan jari yang sudah bersih ke dalam organ vital. 

Suhu basal tubuh 

Suhu basal tubuh merupakan kondisi suhu yang ada di pagi hari sebelum anda bangun dan mulai beraktivitas. Perubahan suhu akan terjadi di 12 atau 24 jam. Suhu basal harus berada di 1 derajat celcius dan diukur menggunakan termometer. 

Suhu basal akan konsisten pada hari pertama menstruasi tetapi pada saat masa ovulasi suhu basal akan meningkat. 

Perubahan payu dara 

Tanda fisik yang sering terjadi dan merupakan tanda masa subur adalah perubahan payudara. Kalender ovulasi merupakan alternatif lain untuk menghitungkan masa ovulasi. Selain itu, payudara akan terasa lebih kencang dan nyeri. 

Meningkatnya libido 

Meningkatnya hasrat seksual juga dianggap sebagai tanda masa subur. Tanda ini sedikit sulit untuk dipertimbangkan karena libido akan mudah berubah berdasarkan faktor lain. 

Tanda fisik lainnya 

Pada masa subur, anda akan merasakan pinggul menjadi pegal , perut kembung dan terdapat bercak darah pada organ intim wanita. Ini merupakan tanda-tanda anda sedang berada pada masa subur. Terpenting anda juga harus memahami bahwa segala kondisi di atas tidak semua dialami oleh wanita, ada beberapa wanita yang tidak merasakan tanda-tanda tersebut sehingga menghitung kalender ovulasi. 

Alangkah baik anda bisa mengetahui tanda-tanda perubahan fisik dan menghitung kalender ovulasi juga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *