Seluk Beluk Besi Kanal C

Besi kanal C untuk atap adalah salah satu jenis besi yang diproses dengan  durasi waktu yang cepat dan dengan tahapan yang mudah. Besi kanal C secara kombinasi bahannya tersusun dari bahan pelat atau lempengan baja yang dilapisi dengan pelapis galvalum. Dari segi proses pembuatannya relatif cepat yang meliputi tahap potong pelat, menekuknya sesuai dengan dimensi atau bentuk yang diinginkan. Setelah itu memotong sesuai dengan panjang standar besi yang diharapkan dan yang terakhir adalah proses pendinginan dan pemasangan. 

Spesifikasi besi kanal C

Spesifikasi besi kanal C hampir mirip dengan besi kanal U. Kenapa disebut dengan besi kanal C? Tidak lain karena bentuknya yang menyerupai huruf C atau yang biasa kita sebut dengan CNP atau C-Channel. Adapun spesifikasi detailnya adalah:

  • Diproduksi dengan panjang standarnya adalah 6 meter. 
  • Memiliki beberapa variasi dimensi mulai dari 60, 75, 100, 120, 150, sampai dengan 200 mm. Ya, satuan dimensi tersebut adalah dalam milimeter. Ini adalah varian yang umum diproduksi di pabrik-pabrik. Sayangnya, di pasaran, varian yang beredar adalah 3,2 mm saja. 

Beberapa manfaat besi kanal C diantaranya adalah:

  • Digunakan untuk pembuatan rangka atap baik itu rangka atap rumah, maupun bangunan yang sifatnya komersial maupun untuk industri. Besi kanal c untuk atap tentunya harus berlabel SNI agar lebih meyakinkan.
  • Banyak dimanfaatkan sebagai dudukan penutup atap, atau yang biasa disebut dengan balok purlin. 
  • Manfaat lainnya adalah digunakan sebagai rangka pagar atau batas, sebagai rangka kanopi yang cantik, dan elemen penting dalam arsitektur. 
  • Bahkan, beberapa orang menggunakan atau memanfaatkannya untuk mendukung performa produk otomotif

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari material yang direkomendasikan untuk bangunan atau konstruksi yang sedang Anda bangun, ada baiknya jika Anda menggunakan material besi yang satu ini yang akan memberikan manfaat optimal pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *