digital printing jakarta

Kategori Digital Printing Berdasarkan Ukuran Mesin yang Digunakan

Sejak mesin cetak ditemukan pertama kali oleh Johannes Gutenberg pada tahun 1450, perkembangan mesin cetak kini begitu pesat. Jaman dulu mesin cetak hampir seluruhnya dioperasikan secara manual, di mana tenaga manusia sangat dibutuhkan. Saat ini urusan cetak mencetak hampir seluruhnya dikendalikan oleh mesin. Apa lagi sejak kemunculan digital printing jakarta, hasil cetakan dapat dibuat dalam jumlah lebih banyak dan proses cetak lebih cepat. Saat ini berbagai jenis file dapat dicetak dengan ukuran sangat beragam. Berdasarkan ukuran mesinnya digital printing jakarta dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut. 

  1. Digital Printing Wide Format

Digital printing paling besar adalah digital printing wide format. Jenis digital printing yang satu ini biasanya digunakan untuk mencetak produk produk yang berukuran besar. Bisanya ukuran produk yang dicetak diatas 3,2 meter. Biasanya digital printing yang satu ini juga menggunakan tinta khusus yang sangat awet dan tahan lama. Salah satu jenis tinta yang umum digunakan adalah tinta solvent. Contoh produk yang biasa dihasilkan dari digital printing jakarta yang satu ini seperti baliho, billboard, banner, dan yang lainnya. 

  1. Digital Printing Large Format Premium

Digital printing large format premium merupakan jenis digital printing berukuran menengah. Mesin cetak yang digunakan pada digital printing yang satu ini juga berukuran besar, biasanya memiliki ukuran 1 sampai 2.6 meter. Produk produk yang bisa dicetak dari digital printing yang satu ini ukurannya sedang, misalnya seperti poster, photo, X-banner, spanduk, poster dan yang lainnya. Selain itu jenis alat  cetak yang satu ini juga bisa mencetak produk seperti jok mobil, kaos, tas, jok motor, stiker, dan yang lainnya. 

  1. Digital Printing Offset

Digital printing paling kecil adalah digital printing offset. Mesin cetak yang satu ini biasanya digunakan pada perusahaan penerbit, usaha fotocopy, kantor kantor, dan skala rumahan. Produk yang dihasilkan biasanya dicetak pada kertas HVS. Biasanya digunakan untuk mencetak surat, buku, dan file lainnya. Jenis printing yang satu ini sudah sangat umum kita temui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *