peran Corporate E-commerce Logistics sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi di indonesia

Peran Corporate E-commerce Logistics

Setiap tahunnya Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai lahan besar untuk bisnis e-commerce. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis e-commerce semakin meningkat dan bertumbuh pesat yang didukung dengan banyaknya orang pengguna internet.  Baru-baru ini sektor perekonomian di Indonesia mengalami perdagangan online dengan puncak pertumbuhan yang sangat tinggi. Pertumbuhan di sektor perekonomian tersebut mendorong banyak perusahaan logistik penggunaan sistem corporate e-commerce logistics.

Pertumbuhan bisnis e-commerce yang cukup tinggi ini berhubungan dengan berbagai komponen penting salah satunya logistik. Corporate e-commerce logistics tidak hanya sekedar mengantar barang ke konsumen saja. Namun, istilah logistik berkaitan dengan aspek yang lebih luas mulai dari, penagihan, manajemen inventori, pergudangan, label, pengemasan, pembayaran, cash on delivery dan lain-lain. 

Peran Corporate E-commerce Logistics

Di Indonesia bisnis e-commerce ini selalu berhubungan dengan manajemen supply chain dan sistem logistics. Sebagian besar sistem perpindahan logistik pada bisnis e-commerce masih memakai cara yang manual.  model bisnis e-commerce mempunyai alur aktivitas yang sederhana dibandingkan dengan ritel offline yang membutuhkan gudang. 

Penyedia hanya sebagai sarana marketing dalam platform bisnis dagang corporate e-commerce logistics, mengatur barang yang keluar masuk, hingga menjalin kerjasama antara perusahaan logistik pengirim.  Ecommerce logistik berarti sebuah proses pengiriman barang dan penjualan barang lewat internet ke langsung ke pelanggan. Ecommerce logistik juga bisa dikatakan sebagai rantai pasokan seperti grosir dan pengecer.

Manfaat Ecommerce Logistik

Manfaat dari ecommerce logistik ini adalah meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, memenuhi jangka waktu pengantaran produk, dan meminimalkan biaya. Selain itu, e-logistik juga mengembangkan pengawasan inventaris yang memanfaatkan situs web bahkan membantu dalam menjalin hubungan bersama dengan perusahaan logistik besar.

Tantangan E-logistik

Di indonesia sendiri hambatan dari Corporate e-commerce logistics  ini diantaranya seperti infrastruktur yang belum merata, sistem ekonomi yang tidak stabil, proses pengiriman mengalami hambatan, privasi dan kepercayaan dari konsumen, tantangan geografis, dan masalah keamanan. Tidak hanya itu, permasalahannya di negara berkembang adalah kekurangan infrastruktur.

Akses komputer yang singkat dan pendek sehingga menghambat dalam logistik elektronik dan infrastruktur telekomunikasi yang belum maksimal. Biaya yang mahal pada logistik elektronik dalam mengakses internet juga mengakibatkan hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *