Percetakan Offset

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk melakukan pencetakan. Seperti yang kita ketahui, setiap teknologi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk anda yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem cetak ini, maka berikut ini adalah ulasannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem percetakan offset

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem percetakan offset ada banyak sekali. Banyaknya kelebihan yang dimilikinya, membuat sistem cetak ini masih tetap populer meski saat ini sudah ada banyak sistem cetak digital yang disebut lebih mudah dan lebih cepat. Lalu apa saja kelebihannya? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Mengenai hasil cetakan

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh teknik cetak offset adalah mengenai hasil cetakan yang dimilikinya. Teknik cetak offset memiliki hasil pencetakan yang lebih baik karena lebih presisi. Hasil cetakan dengan menggunakan teknik cetak offset biasanya lebih bersih, lebih besar dari spot dan lainnya yang membuat hasilnya menjadi lebih berkualitas.

  • Kualitas warna yang lebih terjamin.

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh teknik cetak offset adalah mengenai hasil warna yang lebih terjamin. Hasil warna dari teknik cetak offset ini lebih terjamin karena memiliki akurasi wah yang lebih baik dan juga memiliki keseimbangan warna yang lebih mumpuni. Keseimbangan warna yang dimiliki oleh teknik cetak offset ini disebabkan karena teknik cetak offset ini memiliki sistem pencampuran warna yang mandiri untuk setiap pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan warna hasil dari percetakan offset lebih tepat.

  • Penggunaan material

Hal lain yang menyebabkan teknik pencetakan offset memiliki kelebihan adalah mengena penggunaan material.

Kekurangan penggunaan teknik cetak offset

Lalu apakah sistem cetak offset ini memiliki kekurangan? Kekurangan tentu ada. Untuk penggunaan teknik cetak offset ini kekurangan yang dimilikinya salah satunya adalah mengenai biaya. Biaya yang mungkin akan anda butuhkan untuk melakukan pencetakan ini cukup besar sehingga harus dilakukan dengan skala yang besar jika ingin hasil cetak lebih menguntungkan.

Selain memiliki harga yang cukup mahal untuk proyek yang kecil, kelebihan lain dari teknik cetak offset ini juga disebabkan karena waktu pencetakannya yang lebih lama. Sistem pencetakan dengan menggunakan teknik cetak offset memiliki proses yang cukup panjang untuk setting sehingga proses keseluruhan menjadi lebih panjang.

Kekurangan terakhir yang dimiliki oleh teknik cetak offset ini adalah mengenai kesalahan. Sistem cetak offset adalah sistem percetakan yang sangat rentan mengalami kesalahan. Hal ini disebabkan karena sistem cetak ini menggunakan plat. Ketika proses cetak sudah berjalan dan kesalahan seperti typo baru terdeteksi, maka plat perlu diganti baru atau dibiarkan salah hingga cetakan akhir. Hal inilah kekurangan terakhir dari sistem percetakan offset ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *